Bollard Tee - Bollard Dermaga Tipe Tee - Tee Bollard

  Bollard Dermaga Tipe Tee - Bollard Tee 


Bollard Dermaga merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dan fatal jika tidak ada disuatu konstruksi pelabuhan dan dermaga yang berfungi sebagai penambat tali kapal pada saat kapal berlabuh

Bollard Pelabuhan terbuat dari baja cor atau baja tuang yang dilengkapi dengan baut anngkur ( anchor bolt), ditanam pada fondasi dermaga sehingga  mampu untuk menahan gaya yang bekerja pada penambatan kapal di dermaga. Bollard biasa berada di tepi Pelabuhan dan dermaga, bisa jadi Cuma satu dan juga banyak tergantung pada panjang dermaganya. Kapal dapat dikatakan tertambat apabila telah terikat ke bollard di dermaga agar penambatan kapal di dermaga dapat menahan kapal dari arus angin ataupun gelombang yang terjadi di perairan.

Ketika kapal mendekati Pelabuhan atau merapat di dermaga, tali diturunkan dan diikatkan pada bollard agar kapal tetap di dermaga, tidak lari di bawa arus atau gelombang laut selama mengadakan aktifitas bongkar muat atau kegiatan lain seperti perbaikan atau pengisian bahan bakar.


Tee bollard adalah salah satu jenis bollard yang dinamakan bollard jamur karena  bentuuk yang menyerupai jamur, Tee Bollard juga berbahan dasar cor logam (Besi cor) . Kapasitas beban tee bollard juga antara 10-100 ton. Tujuan pemasangan bollard adalah sebagaii penambat kapal merupakan perangkat yang ada dipelabuhan yang digunakan untuk menambatkan kapal di dermaga atau perngkat untuk mengikatkan tali pada kapal. 

Biasanya terbuat dari besi besi cor/baja dan ditanamkan pada fondasi atau bibir dermaga sehingga mampu untuk menahan gaya yang bekerja pada penambatan kapal di dermaga. Bollard atau penambat/tambatan tali kapal merupakan fasilitas di dermaga atau Pelabuhan.

Manfaat pemasangan bollard sebagai penahan tali kapal saat perahu/kapal berlabuh. Pemasangan bollard pada tepi drmaga dan tersedia dalam berbagai kapasitas. 

Material bollard untuk penambatan kapal yang berlabuh terbuat dari dua bahan yaitu besi cor dan baja cor, yang paling banyak dibuat adalah menggunakan material besi cor atau ferro. Kedua material ini sangat kuat menahan beban yang sesuai dengan peruntukannyadan ketahanan terhadap air laut juga telah teruji, Dan juga bahan yang paling baik dalam pembuatan bollard adalah besi cor. 



Pemasangan bollard kapal tergantung kepada peruntukannya. Pada dermaga yang baru di bangun, pemasangan dimulai dari angkur yang sudah tepasang pada bollard lalu diletakan pada anyaman besi yang terhubung dengan struktur utama beton dermaga.

Sedangkan untuk penggantian bollard kapal maka perlu disesuaikan dengan lobang angkur bollard lama dengan lobang angkur bollard yang baru. Tujuannya adalah agar angkur bollard lama bila masih dalam kondisi baik dapat digunakan lagi.

 

Mahameru Putra Mandiri Perkasa perusahaan bidang industri karet kontruksi yang memproduksi segala bentuk jenis karet yang beragam dan kualitas,  melayani pemesanan Bollard Dermaga di seluruh Indonesia dengan harga terbaik.

 

Untuk Informasi lebih lanjut :

📱Call/ WA : 082245923265 – 087722285552




                                   

Blog Post

Related Post

Cari Artikel